Kamis, 31 Mei 2012

Lakton


GLIKOSIDA LAKTON
            Lakton merupakan ester yang siklik.  Glikosida lakton mengandung suatu lakton yang mengikat glikon.  Salah satu contoh senyawa lakton di alam adalalah kumarin.  Walaupun demikian, glikosida yang mengandung kumarin sangat jarang di alam.  Sebagai contoh glikosida derivat hidroksi kumarin ditemukan dalam tanaman adalah scopolamin dalam Belladonna, limettin dalam pohon citrus, serta skimmin dalam Japanese Star Anise (adas bintang Jepang). 
            Kumarin, dahulu digunakan dalam farmasi sebagai bahan aroma, dan beberapa derivat kumarin masih digunakan karena sifat antikoagulannya.  Khasiat antispasmodik juga diperoleh dari kulit Viburnum prunifolium Linne (Blackhow) dan Viburnum opulus Linne, yang berkasiat adalah skopoletin (6-metoksi-7-hidroksikumarin).  Sediaan dari obat tanaman ini sebagai uterin sedatif.    Kumarin merupakan senyawa yang tersebar di berbagai tanaman, berasa pahit, aromatik, dan membakar.  Khasiat lain dari tanaman ini adalah antikoagulan darah (menghambat proses penjendalan) sehingga dapat digunakan sebagai abortivum.  
classbhe.files.wordpress.com/2012/.../glikosida.doc

1 komentar:

  1. Mengapa dahulu kumarin digunakan dalam farmasi sebagai bahan aroma, sedangkan kumarin merupakan senyawa yang berasa pahit, aromatik, dan membakar ? Apakah saat ini kumarin masih digunakan dalam farmasi, dan apa akibatnya yang paling fatal ?

    BalasHapus